Jepang Kirimkan Bantuan Ke Sulawesi Tengah, Salah Satunya adalah JDR Team


Sesuai janji yang telah disampaikan oleh perdana menteri Jepang, Shinzo Abe, beberapa waktu silam, Jepang mengirimkan bantuan terhadap korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Bantuan tersebut dikirimkan pada 3 Oktober 2018.
Melalui rilis yang disampaikan oleh kedutaan besar di Indonesia, Jepang mengirimkan bantuan berupa Tim Penanggulangan Jepang atau The Japan Dissaster Relief (JDR) team. Tim tersebut terdiri dari unit pasukan bela diri Jepang.
“Selain itu, terdapat barang bantuan darurat (Tenda, Pemurni Air dan Genset) senilai sekitar 3 miliar rupiah melalui Japan International Cooperation Agency (JICA), sebagai respon dari kerusakan yang disebabkan bencana gempabumi dan tsunami di Sulawesi, Republik Indonesia, dalam kerangka kemanusiaan dan hubungan persahabatan antara kedua negara.” Kata Perwakilan Kedutaan Besar Jepang dalam keterangan resmi yang dirilis (3/10).
Setidaknya, pada tanggal 4 Oktober, Tim Pendahulu dari Kementerian Pertahanan Jepang tiba di Balikpapan melalui rute Jakarta, dan pada 5 Oktober dini hari Pesawat Hercules C-130 Japan Air Self-Defense Force (Pasukan Bela Diri Udara Jepang) telah tiba di Balikpapan. Selanjutnya tim diharapkan mengadakan aktivitas distribusi barang-barang kebutuhan di Palu dan daerah yang terkena dampak bencana.
Nantinya, The Japan Dissaster Relief (JDR) team diharapkan mengadakan aktivitas bantuan termasuk transpotasi barang-barang kebutuhan di Sulawesi dan akan memulai operasi bantuan secepat mungkin setelah kedatangan, sambil mengamati kondisi daerah yang terkena dampak bencana.
 
The post Jepang Kirimkan Bantuan Ke Sulawesi Tengah, Salah Satunya adalah JDR Team appeared first on Japanese Station.